Gali Potensi Perikanan, Dinas Perikanan Kapuas dan BUMDes Kunjungi BPBAT Kalsel

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Upaya menggali potensi perikanan di Kabupaten Kapuas khusus melalui budidaya perikanan air tawar dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas.
Untuk itu pendampingan sejumlah Kepala Desa serta pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilakukan Dinas Perikanan. Mereka mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Ikan Tawar  (BPBAT) di Mandiangin, Kalimantan Selatan.
"Kunjungan pada Kamis, 29 Agustus 2019, kemaren, rombongan sebanyak 60 orang terdiri dari 5 pendamping dari Dinas Perikanan dan 1 dari Dinas PMD Kapuas," kata John Pita Kadang, Sekretaris Dinas Perikanan Kapuas, Sabtu (31/8/2019).
Sementara, lanjut dia, rombongan diikuti  perwakilan dari 17 desavsebanyak 55 orang, terdiri kades, perangkat desa serta Pengurus BUMDes.
"Desa saat ini diwajibkan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa atau   BUMDes, nah dengan adanya badan asaha ini bisa berkonstribusi selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap desa," kata Jon, yang memimpin langsung pada saat melakukan kunjungan.
Tujuan dari kunjungan tersebut dengan melibatkan desa, kata dia, dalam rangka untuk pengembangan potensi budidaya  perikanan pada desa mereka.
Menurutnya, dari hasil kunjungan itu mendapat sambutan serta respon yang positif dari BPBAT yang berada di wilayah Kalsel tersebut.
"Dari pihak balai ini merekapun siap untuk mendukung baik dalam peningkatan SDM khususnya apabila desa ingin magang dan belajar di BPBAT dipersilahkan," pungkas John.[zulkifli]
loading...
TAG