Edukasi Pelajar, Pemkab Kapuas Sosialisasi Pengurangan Sampah di Sekolah

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Aksi lingkungan berupa mengenalkan tumbler pada kalangan pelajar dilakukan Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas.
Ahmad Isnaeini ST MT, Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP mengatakan, tumbler dikenal sebagai tempat air minum ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi dari berbagai macam botol plastik.
"Penggunaan tumbler ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dengan membawanya ke sekolah setiap hari. Dengan memakai tumbler, jumlah sampah yang dihasilkan dari botol plastik dapat ditekan sehingga perlu membiasakan penggunaannya sejakdini, terutama pada anak SD atau MI,"  kata Isnaeni, di sela kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah di lingkungan sekolah, Jumat (9/8/2019).
Jelang persiapan penilaian Adipura kali ini, Pemkab Kapuas gencar melakukan sosialisasi Perda dan Instruksi Bupati terkait aturan pengelolaan sampah hingga sanksi bagi yang melanggar aturan.
Sosialisasi dilakuan di sejumlah sekolah, dari jenjang TK/RA, SMP/SLTP dan SLTA sederajad yang ada di wilayah Kecamatan Selat.
Sementara itu, Arliansyah salah satu guru di SDN 1 Selat Dalam mengungkapkan, pihaknya menyambut baik sosialisasi tersebut.
"Sosialisasi pembatasan sampah di lingkungan sekolah ini sangat baik, sehingga akan kita terapkan di sekolah ini," kata Arliansyah.
Kebersihan lingkungan sekolah yang sudah dijaga oleh siswa-siswi, lanjutnya, akan terus ditingkatkan lagi, dan siswa-siswi dapat memilah dengan baik.[zulkifli]
loading...
TAG