Buka Perkemahan Wirakarya, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran membuka secara resmi peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat daerah sekaligus membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Daerah Kalteng 2019, Senin (26/8/2019) di Bumi Perkemahan Palangka Kambariat Tuah Pahoe, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya.
Pendidikan kepramukaan dasarnya ada pada Satya dan Darma Pramuka yang tertanam dalam hati setiap insan. Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku.
"Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi millenial dewasa ini," ucap Gubernur.
Dilanjutkan, dalam konteks Indonesia, gerakan pramuka menjadi "Rumah Kita Bersama", dan itulah harapan bangsa ini kepada gerakan pramuka.
Sekat-sekat kamar telah diisi oleh berbagai komponen dan oleh suku-suku yang ada di indonesia dan golongan atau kelompok lainnya.
Untuk itulah, hari Pramuka ke-58 sekarang ini dengan mengangkat tema, Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun NKRI.
"Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa indonesia," imbuhnya.
Lebih lanjut, mewujudkan Kalteng Berkah tidak hanya menjadi
tanggung jawab Gubernur, Wakil Gubernur, DPRD dan
Pejabat Pemerintah lainnya, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat, termasuk di dalamnya Gerakan Pramuka.
"Kita harus betul-betul punya
komitmen bersama untuk membangun Bumi Tambun Bungai ini serta melakukan perang terhadap narkoba dan menjadikan Kalteng Bersinar (Bersih dari Narkoba)," tegasnya.
Di kesempatan itu pula, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menyampaikan terima kasih kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka se-Kalteng yang telah mengirim utusan penegak dan pandega untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah Kalteng Tahun 2019.
"Kepada adik-adik peserta Wirakarya kali ini agar benar-benar memanfaatkan momen yang berharga ini untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, jaga kepercayaan yang telah diberika oleh Gugus Depan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, orang tua dan orang yang mengasihi adik-adik, karena tidak semua anggota Pramuka mempunyai kesempatan yang sama seperti adik-adik," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG