491 Siswa Ditargetgan Puskesmas Baamang II Program BIAS

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang digelar sepanjang bulan Agustus 2019 ini di wilayah Puskesmas Baamang II, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menargetkan sebanyak 491 siswa kelas satu Sekolah Dasar (SD) yang meliputi 10 sekolah di wilayah kerja puskesmas tersebut.
Kusmiati selaku penanggung jawab program imunisasi di Puskesmas Baamang II mengatakan, program ini bersifat rutin dilaksanakan dalam memberikan imunisasi tambahan untuk anak usia kelas satu SD.
"Pada bulan Agustus 2019 ini dilaksanakan program BIAS untuk MR atau campak dan pada bulan November nanti adalah untuk DT dan TD," kata Kusmiati kepada kabarkalteng.com, Senin (26/8/2019).
MR atau campak menurut Kusmiati apabila kelamaan akan meningkat menjadi kasus rubella dan akan menular melalui udara, apabila satu siswa kena bisa akan menular kepada satu sekolah.
Sebenarnya, lanjutnya, bayi yang meminum ASI ibunya akan lebih tahan karena memiliki antibodi campak dari ibunya, namun banyak juga anak yang tidak menyusu ASI ibunya pada saat bayi sehingga tidak mendapatkan antibodi campak tersebut
Untuk kegiatan program BIAS pada bulan November 2019 nanti imunisasi Dipteri Tetanus atau DT akan diberikan kepada para siswa kelas satu, dua dan kelas lima.
"Kami mengharapkan agar seluruh siswa sekolah dasar yang menjadi sasaran kegiatan dapat mengikuti program BIAS ini untuk menjaga hal yang tidak diinginkan dan dalam rangka menjaga kesehatan anak sejak dini," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG