Wujudkan Kota Bersih, Pemkab Kapuas Minta Peran Aktif Warga Kelola Lingkungan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas terus mensosialisasikan pentingnya menjaga dan merawat kebersihan lingkungan. Upaya mewujudkan kota yang bersih ini harus didukung semua pihak, terlebih peran aktif masyarakat.
Kepala Dinas PUPRPKP, melalui Kabid Kebersihan Pertamanan dan Pertamanan, Ahmad Isnaeni ST MT mengatakan, untuk mewujudkan kebersihan pihaknya berkoordinasi dengan stakeholder terkait, termasuk Satpol PP, Kejaksaan dan Kepolisian sebagai instrumen yang mendukung penegakan aturan jika ada pelanggaran terhadap Perda.
"Peran serta masyarakat sangat penting dalam mewujudkan kebersihan ini, melalui aksi-aksi gotong royong atau gerakan kesadaran lingkungan," kata Isnaeini.
Menurutnya, sanksi juga menanti bagi warga yang tidak patuh, misalkan membuang sampah semabarangan dan tidak tepat waktu atau yang merusak pohon-pohon peneduh.
"Selain petugas kebersihan dari dinas PUPRPPK, tentu juga harus didukung warga masyarakat dalam menjaga kebersihan ini," imbuhnya.
Dilanjutkannya, saat ini pemerintah telah mencanangkan target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan 70 persen ditahun 2025 yang tertuang dalam peraturan presiden nomor 97 tahun 2017. Tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.
"Jadi untuk sampah ini selain pengurangan juga penanganan," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG