Tinjau Instalasi, Dewan Minta PDAM Maksimalkan Pelayanan Air Bersih

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna meningkatkan produksi air bersih untuk melayani kebutuhan masyarakat atau pelanggan di beberapa kawasan, Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas meminta PDAM Kapuas memaksimalkan pelayanan dengan menambah Instalasi Pengolahan Air (IPA) bersih.
Menyikapi keluhan warga, kurang maksimalnya pelayanan air bersih pada musim kemarau ini, para wakil rakyat tersebut melakukan peninjauan langsung ke lokasi pada instalasi pengolahan air bersih di Jalan Pemuda, Handil Palinget, Kecamatan Sei Tatas, Rabu (31/7/2019).
"Kita ingin melihat secara langsung pada instalasi untuk wilayah Selat, Barimba, Anjir dan Basarang," kata H Wahyudinata, Ketua komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Kamis (1/8/2019).
Menurutnya, memasuki musim kemarau ini PDAM kurang maksimal menyalurkan air kepada warga. Kendati demikian, pihaknya memahami keterbatasan sarana IPA yang ada saat ini, yaitu dengan sistem bergiliran pada IPA 2 PDAM untuk pelayanan pada musim kemarau.
"Kapasitas penampungan air untuk menyuplai ke masyarakat terlalu kecil yang ada hanya 100 liter per detik," kata Wahyu.
Untuk itu, menurutnnya diperlukan tempat pengelolaan air yang memadai perlu ditambah dengan kapasitas 200 liter per detiknya.
"Sehingga akan tercukupi kebutuhan masyarakat atau pelanggan walaupun pada musim kemarau," kata politisi Nasdem tersebut.
Jumlah pelanggan PDAM Kabupaten Kapuas, juga terus mengalami penambahan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 23.000 pelanggan.
"Jika kapasitas penyaluaran air pada IPA ditingkatkan Kebutuhan air PDAM untuk masyarakat dapat dipenuhi tidak lagi bergiliran pada musim kemarau," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG