Tiga Pejabat PPNS di Kemenkumham Kalteng Dilantik

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji tiga Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhumkam) Kalimantan Tengah digelar di aula Kanwil, Jumat (26/7/2019).
Prosesi ini dipimpin langsung Plt Kepala Kanwil, Bambang Iriana Djajaatmadja. Pejabat PPNS yang dilantik, yakni Akhmad Sofi SH, Muhammad Elmi SIP dan M Vergo Rahmaddani SSos.
Bambang Iriana mengatakan, PPNS di samping keberadaannya diatur undang-undang sektoral pada bidangnya masing-masing. PPNS juga diakui keberadaan dan fungsinya dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana, serta Peraturan Pemerintah No 27 tentang Pelaksanaan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana.
"Sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengangkatan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji, Mutasi, Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali PPNS, Serta Kartu Tanda Pengenal Pejabat PPNS, yang mana pada pasal 9 ayat (2) huruf b bahwa Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji pejabat PPNS dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di daerah tersebut," ujarnya.
Dijelaskannya, pelantikan dan pengambilan sumpah janji PPNS ini dilakukan setelah PPNS yang bersangkutan sudah memenuhi syarat dan tata cara pengangkatan yang telah diatur.
"Untuk itu pada hari ini saya mengucapkan selamat atas telah dilantiknya dan diambil sumpah/janji terhadap PPNS dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukamara dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pulang Pisau," ucapnya.
PPNS yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat segera melaksanakan tugas sebagaimana mestinya dan PPNS sebagai penyidik, diluar penyidik Kepolisian yang memiliki tugas dan fungsi penyidikan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.
"Untuk itu diharapkan setiap PPNS baik yang baru dilantik maupun yang telah menjadi PPNS selama ini dapat menjaga koordinasi dengan POLRI sebagai koordinator penyidik dan berbagai instansi, semoga menjalankan tugas dan fungsinya selalu didasarkan pada pengabdian kepada bangsa dan negara terlebih khusus Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.[kenedy]
loading...
TAG