Tiba di Kapuas, Rombongan Danrem Disambut Ritual Potong Pantan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS – Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Kolonel ARM Syaiful Rizal S.Sos bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Kamis (4/7/2019).
Kedatangan Danrem disambut langsung Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, dan Asisten I Setda Kapuas di dampingi Forkopimda.
Tiba di Makodim 1011, di Jalan Tambun Bungai, Ia disambut dengan ritual adat potong pantan, tampung tawar dan tarian sambang garantung.
Ritual tetek pantan dalam bahasa Dayak Ngaju berarti memotong penghalang atau menyingkirkan rintangan, sehingga biasa disebut pula potong pantan. Upacara adat khas suku Dayak itu merupakan warisan tradisi nenek moyang. Ritual ini digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.
Usai disambut ritual adat memasuki bagian utama, yaitu potong pantan atau menyingkirkan rintangan.
Di hadapan ”gerbang” kayu panjang dengan ukuran panjang sekitar 2 meter, terbentang sebatang kayu akasia terselubung kain.
Pemimpin adat berada di bagian dalam gerbang, sedangkan tamu di sisi luar.
Sebelum tamu menyingkirkan penghalang, pemimpin adat melontarkan tiga pertanyaan yang wajib dijawab.
Tiga pertanyaan itu adalah siapakah nama tamu, berapa jumlah rombongan, dan apa maksud juga tujuan kedatangannya.
Setiap kali tamu selesai menjawab satu pertanyaan, pemimpin adat menyahutnya dengan pekik kemenangan atau disebut melahap,
Danrem menjawab dengan mantap, selanjutnya rombongan Danrem disambut dengan persembahan tarian  Sambang Garantung, hingga rombongan masuki ruangan utama di Makodim 1011 Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG