Sebulan Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Mulai Masuk Kotim

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Kebutuhan akan hewan kurban dipastikan meningkat dalam beberapa pekan ke depan. Bahkan di saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, hewan kurban mulai ramai masuk ke wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).
Pada 2019 ini, hewan kurban jenis sapi dikabarkan sudah ada yang masuk sejak dua bulan yang lalu.
Ini seperti disampaikan Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Sampit, Milla Waluwanja kepada kabarkalteng.com, Jumat (12/7/2019).
"Persiapan menghadapi Hari Raya Idul Adha 1440 H dikoordinir langsung oleh Dinas Pertanian Kotim. Kami melakukan pengawasan dan pengecekan tiap pos persiapan hewan kurban di masing-masing lokasi," ujar Milla.
Sementara itu untuk persiapan hewan kurban di UPT RPH Sampit, saat ini baru sekitar 60 ekor sapi dengan jenis beragam. Sebut saja seperti sapi lokal, sapi perusahaan dari PT Sulung, PT Astra, sapi Sulawesi dan sapi Madura.
Ia menambahkan, untuk harga jual sapi kurban tahun ini mengalami kenaikan sedikit, di mana yang biasanya pada tahun lalu sekitar Rp11 jutaan, untuk tahun ini naik di kisaran Rp13 jutaan.
"Ini dikarenakan harga beli sapi yang juga sudah mengalami kenaikan," jelasnya.
Untuk jenis sapi kurban masih didominasi oleh sapi Madura dan sapi Bali. Bukan hanya itu, jenis sapi Limosin yang berharga di kisaran Rp25 hingga Rp30 jutaan juga ada.
"Untuk tenaga pemotong harus bisa mendoakan hewan kurban pada saat pemotongan. Ini untuk menjaga kehalalan daging kurban. Biasanya kalau pihak panitia tidak memiliki tukang potong, mereka meminta bantuan tukang potong dari RPH Sampit," tandasnya.[tomi]
loading...
TAG