Penetapan Caleg DPRD Kapuas Tunggu Putusan MK

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum bisa menetapkan calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas periode 2019 - 2024. Sebab masih menunggu putusan sidang Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.
Komisioner KPU Kapuas, Adi Resido mengatakan, untuk Pileg ada dua perkara gugatan yang yang dilayangkan ke MK. Sementara untuk penetapan Caleg terpilih merupakan kewenangan dari KPU RI.
Muntiara, Komisioner KPU Kapuas lainnya membenarkan penetapan itu menunggu hasil putusan MK.
"Penetapan Caleg terpilih menunggu putusan MK," singkat Muntiata, Sabtu (13/7/2019).
Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng, Satriadi mengatakan, pihaknya telah menghadiri sidang di Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Jumat (12/7/2019).
"Usai sidang PHPU di MK, dengan pemohon Caleg dari Partai Golkar, Partai Demokrat untuk DPRD Kabupaten Kapuas," kata Satriadi.
Dengan agenda sidang, lanjutnya, mendengarkan permohonan pihak pemohon dan pengesahan alat bukti,
"Sidang berikutnya Rabu tanggal 17 Juli 2019, dengan agenda mendengarkan jawaban termohon (KPU), pihak terkait dan Bawaslu," pungkasnya.
Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif pada Mei lalu, sebanyak 40 kursi DPRD Kabupaten Kapuas, diprediksi didominasi wajah-wajah baru.[zulkifli]
loading...
TAG