Pemkab Kapuas segera Perbaiki Kerusakan Jembatan Jalan Mahakam

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemkab Kapuas melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman  (DPUPRPKP) segera melakukan rehabilitasi terhadap tiga buah jembatan pada tahun 2019 ini.
Rehab dilakukan karena melihat kondisi jembatan sekarang sudah kurang layak, khususnya keberadaan jembatan ulin yang ada di jalan  Mahakam.
Selain itu, sebagai pemenuhan kebutuhan infrastruktur sekaligus memperlancar laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Plt Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas, Teras ST MT mengatakan, pada tahun 2019 ini ada tiga jembatan konstruksi kayu ulin di dalam kota yang masuk dalam program rehabilitasi.
Ketiganya yaitu, jembatan penghubung Jalan Mahakam - Anggrek, dan jembatan di Jalan Barito di Kelurahan Selat Tengah serta jembatan ulin di Jalan Mahakam Kelurahan Selat Hulu.
"Rehab pada jembatan itu nantinya meliputi pergantian lantai juga gelagar," kata Teras, Kamis (25/7/2019).
Pemkab Kapuas, lanjutnya, sudah menyediakan anggaran program rehabilitasi ketiga jembatan tersebut,  dengan pagu anggaran sekitar Rp1 miliar.
“Jembatan jalan Mahakam akan direhab tahun ini karena sudah kurang layak. Hal itu dilihat dari kondisi fisik bangunan dan perkembangan dimana arus lalu lintas kendaraan disana  cukup banyak,” imbuhnya.
Rehab jembatan tersebut akan dilakukan dalam klasifikasi rehabilitas berat, mengingat kerusakannya yang cukup parah.
"Proses sekarang untuk tiga jembatan itu masih lelang dan diharapkan bisa segera selesai. Dengan demikian rehab bisa dilaksanakan secepatnya,” pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG