Menggadang Jadi Ibu Kota Negara, Ini Sejarah yang Diyakinkan Gubernur Sugianto

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran menyampaikan keunggulan dan pertimbangan alternatif Kalimantan Tengah sebagai bahan pertimbangan pemindahan Ibu Kota Negara. Ini terkait erat dengan perencanaan pemindahannya ke Bumi Tambun Bungai.
"Saya atas nama Pemerintah Provinsi sangat setuju dan mendukung jika Kalimantan Tengah menjadi Ibu Kota Negara," ujarnya dalam dialog nasional Pemindahan Ibu Kota Negara yang digelat di Ballroom Luwansa Hotel Palangka Raya, Jumat (19/7/2019).
Beberapa pertimbangan dan keunggulan Kalteng yang disebutkan, pertama alasan historis pada 17 Juli 1957 Presidan Ir Soekarno meletakkan tiang pancang pembangunan Kota Palangka Raya dan satu bulan kemudian tepatnya 17 Agustus 1957, Soekarno membuat pernyataan resmi agar Palangka Raya menjadi modal dan model Ibu Kota Negara yang baru dan modern.
Kemudian, lanjutnya, Soekarno menyusun dasar-dasar kota administrasi provinsi dengan pilot projectnya dengan membangun jalan lurus dan lebar untuk pendaratan pesawat tempur jika terjadi peperangan.
Tak tanggung-tanggung, ketika itu turut didatangkan para insinyur dari Rusia. Sayang, karena pada tahun 1960 terjadi krisis ekonomi, membuat pembangunan Kota Palangka Raya terhenti.
"Cita-cita leluhur Palangka Raya yaitu 3M (modal, model, dan modern)," paparnya.
Lebih lanjut, Kalteng sangat ideal yang entitas kosmopolit yang unik seperti Bhineka Tunggal Ika dan Kalteng juga memiliki filosofi tersendiri yakni Huma Betang yang berarti rumah besar, dalam rumah besar ini dihuni oleh beragam agama dab kepercayaan tetapi tetap rukun dan damai
"Kalteng memiliki sumber air yang melimpah, sumber daya alam yang sangat melimpah, wilayah bebas gempa serta provinsi paru-paru dunia yang memiliki lahan luas dengan ketinggian 25-300Mdpi, kualitas udara baik yang merupakan inti Kalimantan," ujarnya.
"Dalam rencana pemindahan Ibu Kota atau sudah menjadi Ibu Kota, saya berharap kepada Bapak Presiden Jokowi agar memberikan yang terbaik kepada masyarakat Dayak," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG