Mediasi tak Temui Kesepakatan, Buruh Ancam Kembali Gelar Aksi Unjuk Rasa

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Persoalan buruh di Kabupaten Kapuas terus berlanjut. Setelah sebelumnya ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa, elemen buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kabupaten Kapuas mengancam kembali melakukan aksi yang sama agar dipenuhinya tuntutan hak normatif mereka.
Hendrik Hutagalung, dari LBH SBSI mengklaim ada hak-hak buruh yang tidak dipenuhi pihak perusahaan.
"Aksi kembali akan dilakukan hari Senin, (8/6/2019) ke Kantor Bupati, mogok tiga hari dengan jumlah massa yang sama seperti aksi sebelumnya," tegas Hendrik, Rabu (3/7/2019).
Sebelumnya pada hari yang sama telah dilakukan pertemuan antara perwakilan buruh dan pihak perusahaan dengan dimediasi Pihak Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja Kapuas. Namun rapat tidak menemui kata sepakat.
"Kami hanya memfasilitasi dan memediasi pertemuan ini  namun kedua belah pihak belum ada titik temu," kata Kepala Disnaker Kapuas, Rahmadi Muan, di Kantornya Jalan Pemuda Kuala Kapuas.
Kendati demikian, pihaknya telah menuangkan isi perundingan tersebut dalam notulen rapat untuk tindak lanjut berikutnya.
Di tempat yang sama, salah satu dari empat perwakilan PT Lifere Agro Kapuas yang hadir enggan memberikan keterangan rinci terkait permasalahan buruh tersebut.
"Yang tidak menjadi kesepakatan kami sementara ini tidak bisa memutuskan bahwa mogok tidak dibayar itu aja," kata Stepanus, sembari bergegas menuju mobilnya.[zulkifli]
loading...
TAG