Masuk Enam Besar, PPID Utama Pulpis Sampaikan Paparan di Penganugerahan KIP

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau berhasil masuk di enam besar dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) se-Kalimantan Tengah pada penganugerahan pemeringkatan KIP tahun 2019 di Hotel Luwansa, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (24/7/2019).
Dalam kesempatan tersebut, dihadapan para panelis  Plh Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Susilo I Tamin didampingi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Pulang Pisau, Mohammas Insyafi, menyampaikan paparan terkait komitmen, koordinasi, dan inovasi dalam layanan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Pulang Pisau.
Dikatakannya, penilaian ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Pulang Pisau yang telah terpilih masuk dalam enam besar dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah dari penilaian hasil visitasi dan monitoring evaluasi (monev) Komisi Informasi Provinsi Kalteng ke PPID Utama masing-masing kabupaten/kota se-Kalteng yang telah dilaksanakan pada awal hingga pertengahan bulan Juli 2019 kemarin.
"Dari hasil paparan ini nantinya akan diadakan pemeringkatan PPID Kabupaten Kota se-Kalteng oleh Komisi Informasi Provinsi Kalteng, terlepas dari apapun hasilnya nanti, diharapkan dengan adanya pemeringkatan ini akan mendorong pengelolaan dan pelayanan informasi publik khususnya di Kabupaten Pulang Pisau untuk bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi," ungkap Susilo.
Sementara itu, PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau, Mohammad Insyafi menyampaikan, dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik melalui PPID di Kabupaten Pulang Pisau hingga saat ini sudah berjalan dengan baik. Meski begitu, lanjut Insyafi, tanpa adanya sinergitas dan dukungan dari PPID Pembantu masing-masing SOPD di lingkungan Pemkab  maka pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik ini tidak akan berjalan secara optimal.
"Dari itu, semua pihak terkait juga harus mendorong supaya masyarakat mengetahui keberadaan PPID ini dan dapat menggunakan haknya untuk memperoleh informasi," pungkas Insyafi.
Sementara selain Kabupaten Pulang Pisau, lima kabupaten lain itu yang masuk dalam enam besar pada penilaian itu, yakni Kabupaten Gunung Mas, Pulang Pisau, Murung Raya, Kotawaringin Barat dan Kota Palangka Raya.[manan]
loading...
TAG