Lurah Buntok Kota dan Pendang: Banyak Pelajaran dari Kejadian Karhutla

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Sebagai warga Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan juga Lurah Buntok Kota, Kecamatan Dusun Selatan, Alfian mengimbau warganya agar tidak membakar lahan dan hutan karena saat ini musim kemarau dan rawan kebakaran.
"Imbauan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah yang kita cintai ini," ucapnya, Rabu (31/7/2019).
Seperti diketahui, lanjutnya, akhir-akhir ini marak terjadi kebakaran hutan di Indonesia hingga menimbulkan kabut asap sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.
Terpisah, Lurah Pendang, Kecamatan Dusun Utara, Emilson SP, juga mengimbau kepada warga untuk tidak membuka kebun dengan cara membakar. Sebab dampak yang diakibatkan dapat merugikan seluruh masyarakat.
"Untuk itu, bagi warga yang memiliki lahan agar lebih waspada," harapnya.
Lebih lanjut, banyak pelajaran dari kejadian Karhutla ini, dimana tanpa sengaja pemilik lahan harus berhadapan dengan hukum.
"Kita harapkan seluruh warga untuk bekerja sama mengantisipasi agar Karhutla tidak terjadi. Apabila ada kebakaran langsung hubungi pihak terkait agar bisa sama-sama kita padamkan," tandasnya.[kenedy]
loading...
TAG