Luasan Karhutla Jabiren Belum Bisa Diprediksi, Titik Api Makin Jauh dari Jangkauan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sejauh ini, tim gabungan penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten  Pulang Pisau, Kecamatan Jabiren Raya, khususnya di Desa Tanjung Taruna terus berjibaku memadamkan sebaran api yang makin meluas membakar lahan di wilayah tersebut.
Saat dikonfirmasi, Sabtu (27/7/2019) Kepala Posko Tim Terpadu Karhutla Kabupaten Pulang Pisau Mayor Inf Mulyadi mengatakan sejauh ini luasan karhutla yang terjadi di Desa Tanjung Taruna makin meluas sehingga sampai saat ini masih belum bisa dipastikan berapa luasan lahan yang terbakar.
Meski begitu, tim gabungan dari jajaran TNI, BPBD, Polri, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) terus melakukan upaya pemadaman sampai titik api benar-benar padam. 
"Untuk luasan yang terbakar masih belum di bisa kita perkirakan, karena belum di ground check. Kendala saat ini yang kita hadapi karena titik api yang jauh dari air sehingga tim harus memakai 20 buah selang dan tandon air guna pasokan air untuk disalurkan ke selang-selang pemadam," Mulyadi yang juga sebagai Perwira Penghubung Kodim 1011/Klk.
Selain hal itu, lanjutnya, juga masalah arah mata angin yang mulai pukul 09.00 sampai 15.00 Wib surah tidak mengarah lagi, sehingga susah diprediksi kepala api atau titik apinya. Dan ini tentunya sangat membahayakan bagi tim gabungan.
"Karhutla di Tanjung Terima ini terjadi di Jalan Rahmat. Pada kejadian ini diturunkan 100 personel tim gabungan. Semoga tim gabungan berhasil memadamkan titik api dan sebaran api, sehingga dampaknya tidak akan meluas ke wilayah lainnya," tutup Mulyadi.
Sementara, dari informasi yang berhasil dihimpun wartawan media ini, upaya pemadaman karhutla di Tanjung Taruna, selain melalui jalur darat juga melalui udara dengan menggunakan 2 helikopter water bombing yang sudah dilakukan kurang lebih sepekan terakhir ini.
Dikabarkan pula, Sabtu (27/7/2019) Dansatgas Provinsi (Danrem 102/pjg), Dandim 1011/Klk,  didampingi Pabung Pulpis Mayor Inf Mulyadi sebagai IC Kabupaten Pulpis dan Kalaksa sebagai wakil IC Pulpis mengunjungi lokasi karhutla di Desa Tanjung Taruna.[manan]
loading...
TAG