Legislator Ini Ingin Database Kependukan DPT di Kapuas Makin Baik

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas meminta KPU dan Disdukcapil setempat agar saling bersinergi terkait data kependudukan dan pemilih berkelanjutan. Ini untuk memastikan bagaimana pemutakhiran daftar pemiih tidak hanya saat pemilu.
"Proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini cukup penting untuk memastikan keakuratan data pemilih sebagai bahan untuk Pilkada Pilgub 2020 nanti," kata Lawin, Selasa (9/7/2019).
Mengingat, lanjutnya, sebelumnya  sempat santer terangkat kepermukaan adanya dugaan DPT orang yang sudah meninggal,  kemudian terjadinya perpindahan penduduk tidak jelas maka sebaiknya dipertegas. Kembali, fungsinya KPU hingga petugas di kecamatan dan desa agar bisa mengolah DPT sesuai apa adanya dan akurat.
"Petugas kecamatan hingga RT menjadi ujung tombak pemutakhiran data DPT,  jangan sampai lagi adanya dugaan terjadi DPT siluman," lontar Lawin.
Dengan akuratnya DPT, lanjut wakil rakyat dari Partai Hanura ini, maka bisa menekan angka Golput. Kemudian bisa dilihat partisipasi pemilih akan meningkat.
Namun menurut Lawin, apabila masih terdapat tidak akurat nya DPT Sangat mudah menjadikan pelanggaran Demokrasi dan penyalahgunaan.
"Upaya KPU membuka kotak suara hasil pemilu terdahulu agar memudahkan pemutakhiran data DPT guna Pilkada 2020 ke depan merupakan langkah awal persiapan pilkada nantinya," pungkas Lawin.[zulkifli]
loading...
TAG