Lagi, Patroli Cegah Karhutla Gencar Dilakukan Jajaran Polsek Kahlir

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukum Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau, Bhabinkamtibmas Desa Anjir Pulang Pisau, Brigadir Wisda Anggara bersama anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) desa setempat melaksanakan patroli ke area lahan milik warga yanh berpotensi menyebabkan Karhutla.
Kegiatan yang berlangsung, Sabtu (6/7/2019) siang itu selain patroli pihaknya juga melakukan pengecekan kondisi air di aliran handel di Desa Anjir.
Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kapolsek Kahayan Hilir Iptu Sugiharso SH menyampaikan bahwa kegiatan patroli ini merupakan salah satu kegiatan rutin anggota Bhabinkamtibmas dalam upaya meminimalisir ancaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polsek Kahayan Hilir.
"Kegiatan patroli dialogis kepada masyarakat memasuki musim kemarau ini semua Bhabinkamtibmas Polsek Kahlir wajib melaksanakannya, baik langsung dengan masyarakat maupun di lahan masyarakatnya," ucap Sugi kepada wartawan.
Dalam pelaksanaannya sendiri, lanjut Sugi, pihaknya dalam pelaksanaannya mengajak MPA, TNI, unsur kelurahan maupun desa serta masyarakat lainnya.
"Tugas kita harus memberitahu dan memberi pengertian kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan dengan cara apapun. Karena akibatnya membahayan masyarakat luas, yang dampaknya berupa penyakit, lakalantas karena terganggu asap, dan terbakarnya kebun orang lain," ungkapnya.
Dengan itu, tambah Sugi, pihaknya selalu mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Kajayan Hilir agar peduli akan bahaya kebakaran hutan dan lahan.
"Kegiatan ini dilaksanakan guna mengantisipasi lahan warga maupun perusahaan yang ada agar dapat selalu waspada dan siap siaga dengan peralatan yang ada untuk mencegah terjadinya karhutla," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG