Kreatif, Hemat Belanja Dapur Ibu-Ibu Persit Kodim 1011 Tanam si Pedas di Polybag

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Salah satu upaya dalam pemberdayaan lingkungan perkantoran
agar tercipta suasana asri dan nyaman dengan memanfaatkan lahan sebagai media tanaman cabe.
Dengan menanam pohon cabe memiliki nilai dorong ekonomi keluarga sekaligus menjawab jika terjadi kemahalan harga cabe dipasaran.
Demikian yang dilakukan para anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXXVII dibawah arahan Ketua Cabang Ny Sinta Bambang, mengadakan perawatan tanaman yang berada di sekitar lingkungan perkantoran Makodim 1011 Kapuas.
Ini terus ditekuni beberapa waktu terakhir dan begitu bermanfaat. Apalagi saat waktu panen tiba, mereka panen dan hasilnya bisa untuk masak dan tentu ini menghemat pengeluaran belanja.
Saat melaksanakan panen cabai di demplot polybag Makodim 1011/Klk, penuh kegembiraan dalam kebersamaan Ibu-ibu Persit saat panen "si pedas" dalam polybag hasil tanaman mereka sendiri.
Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Sabtu (6/7/2019) mengatakan program ini merupakan pembelajaran bahwa cabai sebenarnya mudah ditanam di pekarangan yang sempit dengan memanfaatkan polybag.
"Hal ini terlihat dengan hasil ketekunan ibu-ibu persit, tidak hanya di demplot Makodim bahkan di setiap perumahan dinas Makodim sudah kami terapkan penanaman cabai dalam polybag," kata Dandim.
Sementara menurut Ny Synta Bambang bahwasanya harga cabai sendiri sering mengalami naik turun, ketika terjadi kelangkaan cabai maka tentu saja harganya pun menjadi melesat jauh, sehingga cabai bak makanan mewah yang sulit didapat.
Menurutnya, ini juga merupakan solusi bagi yang tidak memiliki halaman rumah yang luas atau tidak memiliki kebun.
"Dan tentunya ini juga bisa mengurangi pengeluaran biaya belanja ibu-ibu," imbuhnya.
Ditambahkannya, akan dirasakan suasana nyaman dengan pemanfaatan lingkungan yang ada yaitu dengan menjaga kebersihan dan menanaminya dengan tanaman yang bermaanfaat baik sayuran maupun tanaman lainnya.[zulkifli]
loading...
TAG