Keterbukaan Informasi Ujung Tombak Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Hak memperoleh informasi merupakan suatu hak asasi manusia. Karena itu, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
Ini seperti disampaikan Kepala Diskominfo Kalteng, Ir Herson B Aden M.Si saat menghadiri pembukaan pembukaan Sosialisasi Pengelolaan Informasi Publik dan Tanda Tangan Elektronik (Digital Signature) di Kabupaten Barito Utara (Barut) yang digelar di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Jumat (26/07/2019).
"Keterbukaan informasi juga merupakan salah satu ujung tombak dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi," ujarnya.
"Melalui keterbukaan informasi, diharapkan mampu menciptakan partisipasi masyarakat dalam transparansi dan akuntabilitas badan-badan publik sehingga akan terwujud tata kelola pemerintahan yang bersoh, efektif, demokratif dan terpercaya," timpalnya.
Sebelumnya, Bupati Barut, H Nadalsyah dalam era transparansi saat ini, peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menjadi strategis dan mutlak. Terutama untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dengan cepat, tepat waktu, biaya ringan dan dengan cara yang mudah.
"Saya selaku pimpinan daerah sangat menyambut baik dengan kegiatan ini untuk saling berdiskusi sharing informasi dan menyamakan persepsi guna memperluas wawasan untuk memberikan layanan informasi publik yang baik, transparan dan bertanggung jawab," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG