Keterbukaan Informasi Publik Jadi Ciri Negara Demokratis

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA  - Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dan Festival Medial Pertunjukan Rakyat (Fetunra) resmi dibuka Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir Herson B Aden M.Si, Kamis (18/7/2019).
Kegiatan ini dilangsungkan dua hari, 18 hingga 19 Juli 2019 di Royal Room & Crown Room Aquarius Boutique Hotel Kota Palangka Raya.
Plh Sekda Kalteng, Drs H Sapto Nugroho Handono Wareh MM dalam amanah tertulis yang dibacakan Herson mengungkapkan, hak memperoleh informasi merupakan suatu hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
Keberadaan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,vsangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi.
Ini juga menjadi kewajiban badan publik untuk menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/ proporsional, dan cara sederhana, pengecualian bersifat ketat dan terbatas, serta kewajiban badan publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi.
"Melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip keterbukaan, akan tercipta kepemerintahan yang baik dan peran serta masyarakat yang transparan dan akuntabilitas yang tinggi sebagai salah satu prasyarat untuk mewujudkan demokrasi yang hakiki," ucapnya.
Peserta Rakor PPID terdiri dari PPID utama Kalteng, PPID pembantu pada SKPD lingkup Pemprov Kalteng didampingi dengan admin yang telah ditetapkan, dan PPID utama Kabupaten/Kota se-Kalteng.
Untuk Fetunra peserta berasal dari perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan Lomba KIM peserta berasal dari perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se–Kalteng. Sementara untuk narasumber berasal dari Komisioner Komisi Informasi Pusat dan PPID utama Kalteng.
Kegiatan Fetunra dan Lomba KIM ini yang menjadi pemenang lomba utama, akan mewakili Kalteng dalam Fetunra dan lomba LCCK (termasuk dalam bagian KIM) tingkat nasional.
Semua biaya perjalanan PP dari Kota Palangka Raya ke kota tujuan ditanggung oleh Pemprov Kalteng.[kenedy/adv]
loading...
TAG