Hari Jadi Barut ke-69 Bantu Perekonomian Warga

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Masih dalam rangkaikan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara (Barut) ke-69 tahun 2019. Kali ini benar-benar meriah dan tentunya sangat memuaskan masyarakat setempat.
Kenapa demikian, karena selain lomba Festival Budaya Iya Milik Bengkang Turan yang sudah berakhir belum lama ini, selanjutnya panjat pinang pun di gelar untuk memeriahkan hari jadi ini.
Tidak sampai disitu, artis ibu kota pun juga akan didatangkan oleh Pemkab Barut untuk menghibur warganya.
Sedikitnya sepuluh pohon pinang yang sudah di lumuri gemuk dan oli terlihat berjejer berdiri kokoh di tepian Barito tepatnya di Water Front City disambut antusias masyarakat Muara Teweh yang digelar, Selasa (23/7/2019) kemarin.
Namun ada hal  yang menarik perhatian pada kegiatan panjat pinang itu, yakni di bawah Water Front City ada beberapa warga yang memanfaatkan kegiatan itu untuk mengais pundi-pundi rupiah dengan membuka warung.
"Kami selaku warga sangat senang sekali Pemerintah Daerah menggelar seperti ini, sehingga masyarakat juga bisa memanfaatkan acara ini dengan membuka dagangan yang bisa menghasilkan rupiah. kalau bisa acara seperti ini bisa kembali di gelar," ucap Rusmini dengan nada senang.
Sementara itu, Eveready Noor selaku ketua panitia yang juga Plt Kepala Dinsos PMD Barut mengatakan, panjat pinang kali ini dibuat tiga kategori dengan ketinggian dua meter untuk anak-anak, empat meter untuk remaja, dan lima meter lebih itu kategori dewasa.
Dikatakannya, acara ini digelar untuk memeriahkan hari jadi sekaligus memberikan tontonan dan hiburan  yang menarik bagi warga
"Makna dari panjat pinang ini agar kita bersama-sama sadar dengan sebuah kebersamaan, karena untuk membangun Kabupaten Barut juga memerlukan dukungan dari masyarakat, sehingga Barut bisa maju seperti sekarang ini," ujarnya.
Dilanjutkannya, Bupati juga merencanakan membangun panggung di ujung Water Front City sehingga bagi masyarakat atau anak-anak muda yang ingin membuat acara panggung itu nantinya bisa digunakan.
Bupati juga berencana membuat tatanan pedagang semakin rapi sehingga Water Front City ini kedepannya bisa menjadi lebih indah.[doni/adv]
loading...
TAG