Hadiri Suar Seni Budaya, Triono: Pengembangan Seni Budaya Tugas Kita Bersama

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya mengembangkan seni budaya dan pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau tentunya harus dilakukan secara bersama oleh masyarakat dan pemerintah.
Karena dengan itu, nantinya akan terwujud sebuah harapan dimana seni budaya dan pariwisata  akan dikenal secara berkelanjutan di Bumi Handep Hapakat ini.
Itu dikatakan Ketua Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Triono Rahyudi, Rabu (17/7/2019) pada kegiatan Suar Seni Budaya Pulang Pisau yang berlangsung di Halaman Radio H2FM milik Pemkab Pulang Pisau.
Menurut Triono, sebagai bangsa dengan rekam jejak sejarah yang panjang dan keragaman budaya lokal begitu banyak, tentunya menjadi kewajiban bersama dalam pengembangan dan pelestariannya.
Karena dengan itu, katanya, menunjukan jati diri sebagai Bangsa Indonesia yang cinta akan kultur budayanya di daerah masing-masing.
"Mari bersama-sama kita untuk mengembangkan dan melestarikan warisan budaya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau yang kita cintai ini, sehingga dengan itu kedepannya mampu menjadi daya tarik bagi wisata untuk berkunjung ke daerah kita ini," ucap Triono yang juga selaku Kajari Pulang Pisau itu.
Sejauh ini, lanjut Triono, keberadaan lembaga seni budaya di Kabupaten Kabupaten Pulang Pisau masih belum maksimal dalam upaya  pengembangan dan pelestarian budaya lokal.
"Itu diketahui dari sejumlah kelurahan yang disampaikan para pelaku seni maupun sanggar seni yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau ini. Dari itu, mari kita kembali bergandengan tangan untuk mengembangkan seni budaya ini, baik itu SDM yang potensial dalam bidang seni dan budaya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti  pagelaran atau festival kesenian daerah sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal kita tadi," tuturnya mengungkapkan.
Upaya pelestarian budaya ini, tambah Triono juga tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukkan secara regular saja. Namun hal yang terpenting juga harus dilakukan adalah pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh dimasyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda.
Disamping itu juga, kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kuliner, fashion show, film dokumenter dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.
"Hal ini penting dilakukan, agar masyarakat, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai budaya dikehidupan sehari-harinya. Saya sebagai inisiasi dalam percepatan pembangunan pariwisata tentunya selaku mendukung dengan sepenuh hati yang tentunya juga di dukung sepenuhnya oleh instansi atau dinas terkait lainnya, terkhusus bagi Disbudpar Pulang Pisau yang harus maksimal dalam mewujudkan perkembangan seni budaya dan pariwisata di daerah kita ini," ungkapnya kembali sembari mengakhiri perbincangan.[manan]
loading...
TAG