Hadiri Launching BUN500, Ini Harapan Wabup Bartim..!

Print Friendly and PDF
TAMIANG LAYANG - Launching Benih Bermutu Perkebunan 500 Juta Batang (BUN500) di di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya langsung dihadiri Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP.
Kegiatan ini tampak dihadiri Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran serta para kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Kalteng. Momen ini juga dirangkai dengan dialog bersama para pekebun serta peninjauan lokasi nursery.
Jika tak ada aral, Mentan Amran bertemu insan perkebunan di Swissbell Danum Hotel Kota Palangka Raya pada Kamis (18/7/2019) malam.
Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry yang turut hadir dalam launching ini menuturkan, dengan adanya kebun pembenihan pada lokasi pengembangan perkebunan diharapkan penyediaan benih dapat dilakukan secara berkelanjutan.
Ini tak lain untuk mendukung pengembangan kawasan perkebunan yang ada di Bumi Tambun Bungai pada umumnya, dan Bartim pada khususnya.
"Kami atas nama Pemerintah Barito Timur sangat mengapresiasi dengan launching BUN500 di di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya ini," ucapnya.
Sebelumnya, Mentan Amran mengungkapkan, Indonesia punya potensi pangan yang luar biasa,vsalah satunya di Provinsi Kalteng. Ini juga yang menjadi salah satu alasan launching dilaksanakan di Kalteng.
Ia juga menjelaskan untuk penyediaan benih perkebunan akan dibiayai Direktorat Jendral Perkebunan bekerja sama dengan pihak swasta. Bibit dari pemerintah akan dibagi kepada masyarakat secara gratis bertahap, dimulai dari Desa Sido Mulyo.
Terkait jenis benihnya, lanjutnya, antara lain, Kelapa, Kopi, Kakaw dan Lada diharapkan dapat meningkatakan kesejahtraan insan perkebunan di wilayah Indonesia.
"Perkebunan diangkat kembali karena melihat potensi besar. Presiden yakin hal ini mampu meningkatkan ekspor Indonesia. Di periode kedua Bapak Presiden Jokowi 2019-2024 program ini akan berjalan," pungkasnya.[kenedy]
loading...
TAG