Hadir di Rakor Restorasi Gambut, Bupati Edy Terima Anugerah Target Restorasi Tahun 2018

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bertempat di Hotel Swiss Bel, Kota Palangka Raya, (30/7/2019), Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Restorasi Gambut Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2019.
Kegiatan rakor tersebut bertemakan "Mari Manfaatkan dan Optimalkan Aset-aset Restorasi yang sudah Terbangun untuk Kelestarian Gambut dan Kesejahteraan Masyarakat".
Hadir dalam kesempatan itu, Kepala BRG RI, Ir Nazir Foead MSc dan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran yang diwakili Sekda Provinsi Fahrizal Fitri.
Bupati Edy kepada awak media, Selasa (30/7/2019) menyampaikan beberapa hal terkait  restorasi yang didapat, di antaranya kemampuan adaptif masyarakat dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla menjadi lebih tinggi, sebab masyarakat secara langsung maupun tidak langsung mendapat pelatihan dan sosialisasi yang membuat pengetahuan masyarakat semakin bertambah.
Selanjutnya, kata Bupati, hasil yang didapat dari restorasi yakni terjaganya sumber mata pencaharian masyarakat di sekitar hutan atau area restorasi gambut, karena disitu minus kebakaran hutan dan lahan.
"Dan poin selanjutnya yang kita dapat yaitu terjaganya kelestarian sumber daya alam (SDA) hayati dan mengembalikan fungsi lahan gambut sebagai pengikat air," ucap Bupati Edy.
Dengan ini, dirinya berharap agar karhutla setiap tahunnnya berkurang bahkan jangan sampai ada lagi ada kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
"Kita terus mengajak mengajak semua elemen, baik masyarakat maupun instansi pemerintah agar dapat bersinergi bersama-sama dalam menjaga lingkungan dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang banyak. Kedepannya Pulpis akan lebih sehat dan maju lagi serta bebas dari karhutla," pungkasnya.
Sementara, pada kesempatan tersebut Kabupaten Pisau telah menerima Penghargaan sebagai Kabupaten Target Restorasi tahun 2018, yang diterima langsung oleh Bupati Edy Pratowo.
Sementara, selain Kabupaten Pulang Pisau dikabarkan Kabupaten Kapuas, Barito Selatan, Kota Palangka dan Sukamara juta telah menerima penghargaan yang sama oleh Sekda Provinsi Kalteng.[manan]
loading...
TAG