Hadapi Musim Kemarau, PT RMU Aktif Cegah Karhutla

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Menghadapi musim kemarau 2019 ini, PT Rimba Makmur Utama (RMU)  kembali aktif dan fokus melakukan kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kabupaten Katingan.
Ini seperti diungkapkan Taryono Darusman, R & D Direktur dan Interim GM PT RMU di sela kesibukannya kepada kabarkalteng.com di kantornya, Kamis (4/7/2019).
"Kami melakukan pencegahan kebakaran, khususnya lahan gambut di beberapa tempat seperti di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotim juga di Kabupaten Katingan," ujar Taryono.
Ia menambahkan, pihaknya selalu mengajak peran serta aktif semua elemen masyarakat untuk bersama sama terlibat menghindari kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing.
Seperti diketahui, PT RMU mengantongi izin dan bergerak di bidang restorasi ekosistem, yaitu kegiatan memulihkan kondisi hutan melalui penanaman dan pencegahan kebakaran agar hutan nantinya akan dapat dimanfaatkan kembali oleh generasi mendatang.
"Kami selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk melakukan sosialisasi ke desa-desa yang rawan kebakaran hutan dan lahan," katanya.
Menurutnya, selama beberapa tahun ini PT RMU selalu mendukung operasional regu siaga api di tiap desa yang rawan Karhutla.
Selain itu, pihaknya secara internal juga melakukan pelatihan secara berkala untuk para personel perusahaan sendiri di lapangan agar selalu siap siaga, selain melakukan pencegahan juga pemadaman apabila di perlukan setiap saat.
Selain berperan aktif pada pencegahan Karhutla juga mengembangkan pembukaan lahan pertanian tanpa membakar dan menggunakan bahan kimia.
"Pembukaan lahan pertanian tetap di tebas namun hasil tebasan tidak dibakar justru dijadikan pupuk alami atau pupuk organik untuk lahan tersebut agar bisa lebih subur dari sebelumnya," terangnya.
Ia juga mengajak masyarakat, khususnya para petani di wilayah rawan Karhutla agar tak melakukan pembakaran dan segera melapor ke pihak berwenang apabila terjadi kebakaran di lingkungan sekitar. Ini agar bisa cepat diatasi dan dapat dipadamkan.[tomi]
loading...
TAG