Fokus Pencegahan, Pemkab Kapuas Komitmen Antisipasi Karhutla

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas berkomitmen untuk mengantisipasi kabut asap dan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kapuas, antisipasi tersebut dengan memfokuskan pada pencegahan.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan, pencegahan dilakukan melalui kegiatan patroli terpadu pencegahan Karhutla, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan sosialisasi menambah pemahaman masyarakat sembari meningkatkan peringatan dan deteksi dini juga terus dilakukan.
"Kita tegaskan bahwa melihat kondisi cuaca di Kabupaten Kapuas sudah mulai terjadi kebakaran hutan dan lahan hari ini kita bersatu padu kita berupaya di Kalimantan Tengah, khususnya  di Kabupaten Kapuas agar  bebas dari kabut asap," kata Sinaga, usai Rakor Pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla di aula Bappeda, Selasa (2/7/2019).
Dari Rakor tersebut, lanjutnya akan  menentukan sikap supaya masing-masing, Polsek Danramil dan pihak kecamatan bersatu-padu melakukan pencegahan.
"Kita fokus kepada pencegahan kalau pencegahan kuat untuk kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalisir," imbuh Sinaga.
Pihaknya bersama instansi terkait, lanjut dia telah menyinkronkan bahwa dalam penanganan Karhutla diprioritaskan pencegahan.[zulkifli]
loading...
TAG