Dengan Peralatan Seadanya, Satgas Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Desa Gandang Barat

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan dan Manggala Agni berjibaku memadamkan api yang membakar sejumlah  lahan di wilayah Desa Gandang Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (13/7/2019).
Dikabarkan pada kegiatan terakhir aksi lapangan para satgas, sebaran api makin meluas. Bahkan sampai menjalar ke kebun sawit warga.
"Personel yang turun saat ini, dari pihak Babinsa, Babinkamtibmas, MPA, Fasilitator Desa, dan DPG serta Manggala Agni. Sejak pagi tadi sudah berada di lokasi melakukan pemantauan dan galang aksi pemadaman," ujar Kapolsek Maliku Iptu Andra Dwi H kepada wartawan media ini, Sabtu (13/7/2019).
Dikatakan Kapolsek, saat ini pemadaman di lokasi kebakaran terkendala peralatan, seperti selang kurang memadai sehingga tidak terjangkau kesehatan api yang semakin meluas.
"Untuk saluran air ada mas, tapi posisinya dipinggir jalan saja. Jadi, untuk bagian dalam lahan yang terbakar sulit dijangkau oleh petugas, dan api lumayan besar. Apalagi terkendala selang dan kurangnya peralatan, tapi masyarakat sekitar membantu karena sudah ke lahan sawit warga," tuturnya mengungkapkan. 
Sementara dikatakan Camat Maliku, hingga sore sekitar pukul 16.30 Wib tim satgas gabungan  masih melakukan pemadaman.
"Pemadaman juga terkendala angin kencang dan  sumber air tidak terjangkau sehingga pemadaman lama," ujar Sukarja kepada wartawan ini.
Sukarja berharap kedepannya di wilayah karhutla di kecamatan yang pimpinnya agar dibuat embung, sumur dan peralatan pemadam yang memadai. Sehingga saat musim kemarau seperti ini tim satgas mampu bekerja dengan maksimal menghadapi kebakaran hutan maupun lahan, khususnya di wilayah Kecamatan Maliku ini.
Sampai saat ini, dikabarkan upaya pemadaman yang dilakukan oleh tim satgas gabungan sudah memasuki hari kedua.[manan]
loading...
TAG