Cegah Hoax, Iwo Pulpis Sosialisasi Jurnalistik di SMPN 1 Kahlir

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Dalam rangka meningkatkan kesadaran bermedia sosial dan meminimalisir penyebaran berita bohong atau Hoax. Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) laksanakan pelatihan jurnalistik dan sosialisasi lalulintas di Aula SMPN 1 Kahayan Hilir (Kahlir), Selasa (16/7/2019).
Ketua IWO Pulpis Adi Waskito mengatakan, penyebaran Hoax dapat ditekan sejak dini dengan memberikan pemahaman yang baik terkait bermedia sosial dan tindak pidana yang dapat menjerat pelaku penyebar informasi bohong.
"Hal ini kita laksanakan agar generasi milenial terutama bagi peserta didik dapat menyadari betapa berbahayanya apabila mendapati informasi atau berita bohong di media sosial Facebook tanpa disaring terlebih dahulu dan asal share," katanya.
Sehingga hal tersebut dapat membuat kegaduhan atau keresahan bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh peserta agar bisa lebih bijak dalam bermedia sosial dan meminta peran orang tua ikut serta dapat mengawasi anak anaknya dalam penggunaan handphone.
Terpisah Juandi sebagai pemberi materi yang juga merupakan seorang wartawan senior di Bumi Handep Hapakat memberikan pemahaman terkait dengan W5 1H dalam sebuah berita, sehingga setiap informasi yang didapat tidak membuat kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.
"Sebenarnya ini tanggungjawab semua orang agar bisa lebih bijak dalam menggunakan medsos. Namun, banyak orang hanya membaca judul dan tidak menyaring berita sehingga kini sudah sangat memperihatinkan. Jadi, dengan memberikan pemahaman dasar ini bisa menambah wawasan bagi peserta didik," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG