Cegah Karhutla, Ini Langkah Pemkab Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas berkomitmen untuk mengantisipasi semaksimal mungkin Kebakaran hutan dan lahan. Untuk mewujudkan itu, upaya dilakukan dengan mengerahkan sumber daya yang ada hingga tingkat kecamatan dan desa.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, adapun agenda kegiatan guna pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Kapuas telah mengambil kesimpulan.
"Dalam Rokor pencegahan dan penanggulangan Karhutla, ada beberapa hal yang menjadi kesimpulannya," kata Sinaga, Sabtu,l (7/7/2019).
Penanganan Karhutla, kata Sinaga, harus lebih mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi kepada masyarakat.
"Kemudian kita akan menempatkan Posko lapang di wilayah-wilayah yang dianggap rawan Karhutla  terutama untuk Kecamatan Mantangai, Kecamatan  Dadahup dan Keematan Kapuas Murung," terangya.
Nanti, lanjutnya, akan diajukan usulan kepada Bupati Kapuas untuk penetapan status siaga darurat bencana Karhutla di wilayah Kapuas tahun 2019 ini, dengan berpedoman pada Permen LHK Nomor P.9/MENLHK/SETJEN/KIM.1/3/2018 tentang kriteria teknis status kesiapsiagaan dan darurat kebakaran hutan dan lahan.
"Selain itu perlu dilakukan evaluasi setelah masa penanganan selesai untuk melakukan pemetaan wilayah-wilayah yang terbakar," jelasnya lagi.
Hal lain, sambungnya, melakukan koordinasi antar instansi BPBD Manggala Agni KPHL KPHP dan DLH dalam pelaksanaan kegiatan agar tidak tumpang tindih baik kegiatan sosialisasi patroli terpadu maupun penempatan posko lapangan.[zulkifli]
loading...
TAG