Bupati Ben Minta PBS Perkebunan Ikut Berperan Cegah Karhutla

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat  meminta kepada Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit untuk bergerak melakukan pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah tersebut.
Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, sesuai hasil kesimpulan rapat koordinasi (Rakor) status Karhultla, Pemrov bersama dengan Pemkab/kota se Kalteng, berkomitmen bersama-sama untuk mewujudkan Kalteng Bebas Asap 2019.
"Bupati meminta kepada Perusahaan Besar Swasta (PBS) khususnya yang bergerak dibidang pertanian atau perkebunan dan kehutanan untuk membantu serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla baik di wilayah konsesi yang menjadi tanggung jawabnya maupun di desa-desa sekitarnya," terang Sinaga, Jumat (12/7/2019).
Dalam hal ini, katanya, Bupati Kapuas  mengimbau agar PBS bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan wajib memiliki sumber daya manusia, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran.
"Serta melaksanakan pengendalian kebakaran lahan yang menjadi tanggung  jawabnya sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang peningkatan  dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan," jelasnya.
Dia menjelaskan, terkait penanganan dan antisipasi Karhutla ini pemerintah daerah fokus dengan mengedepankan upaya-upaya pencegahan.[zulkifli]
loading...
TAG