Bongkar Lapak Penampungan, Pedagang Diminta Isi Blok di Pasar Blok R

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Setelah sebelumnya tim gabungan lintas instansi Pemkab Kapuas mensosialisasikan adanya pembongkaran lapak penampungan sementara di Gang Naker kawasan pasar Besar, hingga batas waktu yang ditentukan, Senin (1/7/2019) lapak itu pun dilakukan pembongkaran.
Menurut Kepala Dinas Pol PP dan Damkar, Drs Yun Abut, eksekusi pembongkaran dilakulak untuk memback up tugas Dinas Perindagkop yang berkaitan dengan penataan pengaturan dan pembinaan para pedagang yang ada di pasar tersebut.
"Yang dibongkar ini sebenarnya bangunan yang bersifat sementara untuk menampung para pedagang untuk berjualan, karena ada kejadian kebakaran pada waktu itu dan sesudah dilakukan proses teguran arahan kepada para pedagang, agar segera mengosongkan bangunan itu," kata Yun Abut, kepada wartawan, Senin (1/7/2019).
Karena tempat itu, lanjutnya akan digunakan oleh pemerintah daerah untuk ruang terbuka hijau.
"Tapi para pedagang tidak mengindahkan, sudah beberapa kali diberikan imbauan  teguran lisan dan tertulis oleh dinas teknis terkait mereka tidak menggubris akhirnya dengan kesepakatan bersama pada Jumat kemarin 28 Juni 2019 yang bersifat lintas SOPD sepakat memberikan batas akhir sampai 1 Juli 2019," jelasnya.
Sebelumnya terkait rencana pembongkaran lapak penampungan dan relokasi para pedagang itu, lanjut Yun Abut, telah melalui proses panjang dan tidak bersifat dadakan atau membuat masyarakat atau pedagang kaget.
"Sudah dilakukan proses negosiasi panjang dan kalau mereka tidak perlu kuatir tidak ada tempat berjualan, pengurus pasar sudah menyiapkan tempat secara gratis di dalam pasar blok R," terangnya.
Diharapkannya, ini bisa menjadi contoh agar para pedagang patuh dengan aturan dan ketentuan, ini untuk kenyamanan dan ketertiban di lingkungan pasar, agar tertata dengan baik.[zulkifli]
loading...
TAG