Beri Materi Ke P3MD, Kajari Harapkan Desa Wisata Mandiri Berkembang

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Memberikan materi pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) oleh pihak P3MD Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (25/7/2019). Kajari Pulang Pisau, Triono Rahyudi SH MH berharap kedepannya desa di wilayah kabupaten Pulang Pisau menjadi Desa Wisata Mandiri.
"Tadi kita diberi kesempatan oleh pihak P3MD yang menggelar rakor untuk menyampaikan beberapa materi terkait percepatan pembangunan serta perkembangan pariwisata daerah," ucap Kajari yang juga sebagai Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau menyampaikan kepada media ini.
Menurutnya, di dalam konsep Tim Pokja melalui grand design percepatan pembangunan pariwisata yang sudah kita buat menempatkan desa sebagai tumpuan utama pembangunan pariwisata. Konsepnya adalah pembangunan desa wisata mandiri.
"Dan untuk pembangunan desa wisata mandiri sendiri butuh kerjasama dan sinergi dengan pihak P3MD selaku pendamping di desa terkait pengelolaan dana desa. Dengan itu, kita sangat berharap pembangunan di desa kelak selalu sinergi dengan konsep pembangunan pariwisata kita," katanya.
Apa target dari pembangunan desa wisata mandiri? Menurutnya lagi yaitu agar  bergeraknya roda ekonomi mikro di ujung-ujunh desa di Kabupaten Pulang Pisau yang akan melahirkan konsep besar pergerakan roda ekonomi daerah.
"Tanggapan dari desa sendiri terkait desa wisata mandiri ini cukup respon. Seperti contoh rangkaian yang sudah jalan sebelumnnya di Desa Bukit Bamba langsung menyambut dan menggeliat rencana ini," tukasnya.
Mulai, bulan November tahun lalu hingga  direncanakan tahun ini mereka sudah bisa eksplore. Itu artinya sangat luar biasa tidak sampai satu tahun.
"Desa lainnya juga, seperti Desa Gohong dan Buntoi. Yang masuk gagasan lagi dari beberapa desa di utara juga sama responnya seperti Kecamatan Tengah dan Banama Tingang juga sudah mulai menggeliat untuk mewujudkan desa wisata mandiri. Semoga saja setelah grand design ini jadi maka respon atau tanggapan akan bermunculan terkait desa wisata mandiri ini, dan insyallah akan luar biasa," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG