Berbeda, Puncak Peringatan Hari Bhayangkara Digelar di Rumah Betang Sei Pasah

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Puncak Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019 di Kabupaten Kapuas digelar dengan upacara dan syukuran. Kali ini agak berbeda, karena dilaksanakan di kawasan Rumah Betang Manggatang Utus, Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Rabu (10/7/2019).
Bertajuk "Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara", upacara ini diikuti ratusan personel kepolisian dari Polres Kapuas, Polsek jajaran serta personel TNI Kodim 1011/klk.
Pada Upacara ini, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bertindak sebagai Inspektur upacara, diikuti Forkopimda  Kapuas, sejumlah pejabat di lingkup Setda Kapuas, tokoh agama, tokoh masyarakat.
Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro, menjelaskan, kegiatan kali ini sengaja di gelar di kawasan Rumah Betang.
Menurutnya, kearifan lokal falsafah huma betang perlu mendapat perhatian bagi kelestariannya, karena konsep falsafah huma betang ini adalah persatuan dan kebersamaan mestipun dalam perbedaan.
"Rumah betang merupakan ikon, dan (falsafah) rumah betang ini dapat diterima semua agama, daerah dan semua lini masyarakat," kata Tejo.
Diharapkan, di momen HUT Bhayangkara ke-73 dan dengan semangat falsafah huma betang, masyarakat Kapuas dapat selalu menjaga dan merawat kerukunan.[zulkifli]
loading...
TAG