Belajar Kelola Sampah, Tim Sanitasi MTsN 1 Kapuas Kunjungi TPA Palinget

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna mendapatkan pengetahuan tentang cara pengelolaan sampah, Tim Sanitasi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kapuas mengunjungi Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Handil Palinget, Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas.
Ini dilakulan agar pengalaman yang diperoleh dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengelolaan sampah di lingkungan madrasah.
Dalam kunjungan itu, turut serta Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Hj Siti Rofingah, Koordinator Sanitasi Yuliyanti, dan Pembina PMR Hj Miftahul Hayati.
“Informasi pengelolaan sampah, mulai dari awal hingga sampai dapat dimanfaatkan kembali, sangat diperlukan untuk diterapkan dilingkungan madrasah,” ucap Rofingah, Jumat (5/7/2019)
Terpisah, Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni menjelaskan, keberadaan TPA Palinget, tidak hanya untuk pembuangan sampah saja tetapi dapat menjadi taman bermain dan belajar.
Di TPA tersebut, lanjut Isnaeni, terdapat taman warna warni, cafe dan gazebo untuk bersantai serta audio musik, pengelolaan gas metan, cacah plastik atau daur ulang, pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair.
“Saat kita contohkan kepada anak didik cara membuat pupuk dari sampah organik dalam skala kecil, anak-anak sangat antusias melihat dan mendengarkan,” kata Isnaeni.
"Proses pembuatan kompos yang sempurna, akan menghasilkan pupuk yang baik, tidak berbau, berwana hitam, gembir dan tidak panas,” tutupnya.[zulkifli]
loading...
TAG