Badan Kesbangpol Kapuas Sosialisasikan Bantuan Keuangan Parpol

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kapuas melakukan sosialisasi bantuan keuangan partai politik (Parpol) Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2019, di Aula Hotel Al Madani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas, Rabu (31/07/2019).
Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya yang disampaikan  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, H Masrani mengatakan, tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan kualitas administrasi pengelolaan dan pemanfaatan keuangan bantuan keuangan bagi partai politik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
"Partai politik merupakan kedaulatan rakyat dan juga aset negara serta merupakan wadah guna menampung aspirasi rakyat dalam mengembangkan kehidupan demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Oleh karenanya guna mendukung kehidupan berdemokrasi," terangnya.
Pemerintah, lanjutnya, perlu memberikan bantuan keuangan kepada partai politik yang bertujuan untuk membantu kelancaran administrasi sekretariat partai politik.
Bupati Kapuas juga menyampaikan terima kasih kepada partai politik peserta Pemilu tahun 2019 yang baru saja diselenggarakan dengan aman dan sukses  hingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih Kabupaten Kapuas mencapai 74 persen.
Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Marlina dalam laporannya menyampaikan, dasar dari sosialisasi adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 36 tahun 2018 tentang pedoman tata cara perhitungan, penganggaran dalam APBD dan tata tertib administrasi pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan partai politik.
Juga keputusan Bupati Kapuas nomor 236/Kesbangpol tahun 2019 tanggal 1 Juli 2019 tentang penetapan besaran bantuan keuangan partai politik Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2019 hasil pemilu periode tahun 2014-2019.
Beberapa materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut, di antaranya perolehan suara sah dan kursi partai politik serta calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kapuas hasil Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, audit bantuan keuangan partai politik dalam APBD Kabupaten Kapuas, pengelolaan penerima bantuan keuangan dan administrasi pengajuan dan penyaluran serta laporan pertanggungjawaban keuangan partai politik.[zulkifli]
loading...
TAG