Atasi Kekurangan, Dewan Kapuas Minta OPD Rasionalisasi Anggaran

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Kapuas, untuk melakukan rasionalisasi anggaran. Hal ini diyakini sebagai solusi karna terdapat kekurangan anggaran untuk APBD Perubahan 2019 ini.
Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan mengatakan, langkah rasionalisasi tersebut setelah pihaknya mendengar penjelasan dari pihak pemerintah daerah terkait dengan lembar arah kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara untuk APBD perubahan 2019.
"Dari penjelasan tadi bahwa kita tahun 2019 ini masih banyak kewajiban yang harus diselesaikan baik itu kewajiban kepada pihak ketiga kewajiban, asumsi silva kita yang ada selisih ada juga kewajiban untuk ADD dan  dana kelurahan," jelas Algrin, usai memimpin Rapat gabungan pembahasan KUA-PPAS Perubahan APBD tahun 2019.
Berdasarkan hasil pemaparan dan penjelasan dari beberapa SOPD, lanjut dia, Kabupaten Kapuas terdapat kekurangan anggaran.
"Jadi dari dari penjelasan tadi kita masih kekurangan anggaran kurang lebih Rp47 miliar untuk APBD perubahan," tandasnya.
Karena itu, Dewan berharap pemerintah daerah, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan SOPD terkait bisa melakukan rasionalisasi.
"Sehingga kekurangan anggaran Rp47 milyar itu bisa dilakukan penyesuaian lagi di SOPD-SOPD, khususnya pada dinas PUPRPKP," jelasnya.
Dalam rapat yang digelar kata Algrin, Dewan sepakat dengan pihak pemerintah daerah untuk melakukan rasionalisasi pada masing-masing SOPD.[zulkifli]
loading...
TAG