Antisipasi Karhutla, Polsek Kapuas Barat Pasang Spanduk Imbauan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Aparat Kepolisian Resor Kapuas melalui jajaran Polsek Kapuas Barat melakukan upaya antisipasi sekaligus pencegahan sedini mungkin terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Salah satunya dengan cara pemasangan spanduk dan stiker yang berisikan imbauan larangan membakar hutan dan lahan, serta mengingatkan sanksi pidana bagi pelaku yang terbukti. Pemasangan spanduk dan stiker itu dilakukan di Desa Teluk Kiri, Kecamatan Kapuas Barat, Senin (15/7/2019)
Kapolsek Kapuas Barat, Ipda Eko Sutrisno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengimbau dan mengajak peran serta masyarakat salam menjaga dan mengantisipasi karhutla.
"Kegiatan dengan pemasangan spanduk himbauan karhutla, maklumat Kapolda Kalteng tentang ancaman pidana bagi pembakar hutan, baik sengaja maupun tidak sengaja," kata Kapolsek.
Hal ini lanjut Eko, dilaksanakan demi mewujudkan kesiagaan desa dalam mencegah Karhutla demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Polsek Kapuas Barat.
Untuk itu sebagai pencegahan dilakukan langkah antisipasi pemasangan spanduk ini, agar warga atau pihak manapun tidak melakukan pembakaran lahan.
"Berdasarkan instruksi, kita lakukan upaya pencegahan hutan dan lahan sedini mungkin. Salah satunya, ya melakukan pemasangan spanduk himbauan. Karena, sudah jelas itu sanksinya," ujarnya usai melakukan pemasangan spanduk imbauan.
Ditegaskan Kapolsek, apabila di kemudian hari ada warga yang tertangkap tangan sengaja melakukan pembakaran lahan, hutan dan perkebunan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas.
Selain upaya melakukan pencegahan dengan cara melakukan pemasangan spanduk himbauan tertulis, Polsek juga melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada warga.
"Instruksi dari Kapolda yang diteruskan ke Polres, sudah sangat jelas sanksi terberat kurungan 15 tahun penjara terhadap pelaku yang kedapatan sengaja melakukan pembakaran lahan, hutan dan perkebunan," tegas Kapolsek Kapuas Barat ini.[zulkifli]
loading...
TAG