Wisuda dan Pelepasan RA Perwanida, Ini Pesan Kepala Kemenag Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kepala Kantor Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni, melalui Kasi Pendidikan Madrasah, H Sajarwan menyampaikan, membangun pendidikan karakter dimulai sejak usia dini, salah satunya melalui jenjang Raudhatul Afhfal (RA).
Menurutnya, melewati jenjang itu anak-anak akan siap pada jenjang pendidikan berikutnya.
Hal itu terlihat seperti penampilan anak-anak pada acara wisuda, sekaligus perpisahan dan pelepasan siswa siswi tahun 2018 di Citi Mall, Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Rabu (26/6).
"Anak-anak yang dulunya malu-malu datang ke sekolah, masih diantar orang tuanya ke sekolah, bahkan tidak mau masuk ke kelas bersama teman-temannya, kini mereka sudah berani, bukan hanya berani datang ke sekolah melainkan berani tampil di depan umum," kata Sajarwan saat menyampaikan sambutan.
Dengan terlaksananya acara tersebut, lanjutnya, pertanda bahwa anak didik telah siap kejenjang pendidikan berikutnya lagi.
Dikatakannya, kenapa harus memilih Taman Kanak-kanak berbasis Islam, sebab menurutnya lagi seorang anak perlu dibekali dan dikenalkan dengan ajaran Islam beserta adab-adabnya sejak dini.
"Pada usia merekalah tingkat kecerdasan anak sedang meningkat, oleh karena itu mereka semestinya dibimbing agar dapat melafadzkan doa-doa, dapat membaca Alquran, menghafal surat-surat dalam Alquran, serta membaca dan menulis," terang Sajarwan.
Menurutnya, tidak banyak orang tua yang secara terus menerus mengajarkan ajaran-ajaran Islam beserta adab keseharian kepada anaknya. Untuk itu, diperlukan lembaga seperti Raudhatul Athfal (RA) untuk memberikan pengajaran dan pengenalan kepada anak-anak secara rutin.
"Tentunya melalui metode yang menarik dan interaktif. Dengan demikian para orang tua menjadi terbantu dan para anak-anak menjadi senang berinteraksi dan aktif belajar," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG