Suasana Lebaran, Dinkes Kapuas Imbau Masyarakat Jaga Pola Makan Hindari PTM

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Untuk tetap menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh dalam suasana lebaran ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas mengimbau masyarakat untuk menjaga pola makan dan minum saat merayakan lebaran 2019 bersama keluarga. Ini agar kondisi kesehatan tetap stabil, serta menghindari gangguan penyakit.
Saat suasana hari lebaran masyarakat cenderung mengonsumsi makanan yang mengandung santan dan minuman manis, bahkan tidak memperhatikan komposisi makanan.
Kepala Dinkes Kapuas, Apendi, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Try Setiautami mengatakan, untuk menjaga kesehatan penting menjaga pola makanan.
"Kalau makan makanan dan minuman bermacam-macam yang tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi garam (aneka soft drink) daging, cake, kue kering, santan kental dan lain-lain, ini perlu diperhatikan," kata dr Try.
Apalagi lanjutnya, makanan minim serat (sayur dan buah) dan minim air putih.
"Semua itu adalah faktor risiko bagi penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes, kolesterol serta darah yang tinggi," jelasnya.
Dilanjutkannya, kurang gerak karena ke mana-mana naik mobil atau motor. Selain itu, merokok padahal selama puasa sudah stop merokok, ini juga berpotensi memicu timbulnya serangan penyakit.
Ia mengatakan, kondisi tubuh umat Muslim perlu beradaptasi setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh karena terjadi perubahan pola makan.
Bahkan jika masyarakat tidak memerhatikan pola makan-minum, maka berpotensi mengalami masalah kesehatan.[zulkifli]
loading...
TAG