Ribuan Umat Muslim Kapuas Sholat Id di Sepanjang Jalan Maluku, Ini Khutbah yang Disampaikan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ribuan umat Muslim menggelar shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di sepanjang Jalan Maluku, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas, Rabu (5/6/2019).
Mereka tampak khusuk sejak takbir dikumandangkan. Bertindak selaku Imam dalam pada sholat Id ini adalah H Masrani, yang merupakan ketua PD Muhammadiyah Kuala Kapuas.
Sementara khutbah disampaikan Ustaz H Husaini Sahlan, dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Dalam khutbahnya beliau menguraikan bahwa setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan, maka setelah Ramadan umat Islam harus semakin dekat dengan Islam. Oleh karena itu, ada tiga pesan Ramadan yang sudah semestinya kita pegang teguh.
"Yaitu pertama akhlak yakni Tahdzibun Nafsi artinya kita harus mawas diri dari pada  musuh terbesar umat manusia yakni hawa nafsu," kata Ustaz Sahlan.
Semangat zakat fitrah, lanjutnya, melahirkan kesadaran untuk tolong menolong antar orang-orang kaya dan dengan orang-orang yang tidak mampu.
Dalam khutbahnya, beliau juga menyampaikan tentang pengertian jihad, bahwa jihad ini lebih komprehensif karna yang ditujukan adalah mengorbankan segala yang kita miliki.
"Baik itu pengorbanan tenaga, harta benda, ataupun jiwa untuk mencapai keridhaan dari Allah. Dalam konteks masyarakat Indonesia saat ini jihad yang dibutuhkan adalah upaya mendukung terbangunnya sistem sosial yang bermartabat berkeadilan dan sejahtera yang bersendikan pada ketaatan kepada Allah," kata beliau menutup khutbahnya.[zulkifli]
loading...
TAG