Peringati Hari Lingkungan se-Dunia, Ini Kata Sekda Fahrizal

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2019 digelar di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Jumat (28/6/2019) pagi.
Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Fahrizal Fitri ini mengusung tema; Biru Langitku, Hijau Bumiku. Tema ini disebutkan sudah menjadi tema nasional.
"Mengapa kita menggunakan tema tersebut?, karena ternyata tema biru langitku menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara dan sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau," tutur Fahrizal membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Ir Siti Nurbaya MSc
Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, lanjutnya, maka perlu upaya-upaya untuk membuat kota menjadi lebih hijau dengan memperbanyak taman kota, serta membangun trotoar untuk pejalan kaki.
Kemudian membangun jalur bersepeda seperti di Kota Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. Upaya-upaya ini setidaknya mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor.
"Di Jakarta, pembangunan fasilitas transportasi umum seperti pembangunan kereta api komuter, busway, Mass Rapid Transport (MRT), Light Rapid Transit (LRT) juga untuk mengurangi polusi udara," terangnya.
Tampat hadir pada upacara ini Kepala OPD di lingkup Pemprov Kalteng, Kepala Instansi vertikal, serta para tamu undangan.[deni/adv]
loading...
TAG