Meriahkan HUT Kalteng, 62.000 Jagung Bakar Siap Pecahkan Rekor MURI

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Festival jagung bakar bakal memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-62 Provinsi Kalimantan Tengah. Jika tak ada aral, festival yang akan dicatat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) ini digelar 16 Juni 2019 di Bundaran Besar Kota Palangka Raya.
"Ada dua kegiatan. Pertama festival jagung bakar sebanyak 62.000, yang mencerminkan 62 Tahun Kalimantan Tengah, dan insyanAllah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 16, di bundaran besar Kota Palangka Raya, pukul 06.00 pagi sampai selesai," ungkap Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalteng, Drs H Nurul Edy M.Si dalam rapat terbatas, Rabu (12/6/2019).
Menurutnya, festival jagung bakar ini akan diikuti semua Kabupaten/Kota, SKPD, dan masyarakat Kalteng, khususnya yang ada di Kota Palangka Raya.
"Festival jagung bakar merupakan cerminan mengampanyekan kepada masyarakat bahwa pangan kita tidak hanya beras," jelasnya.
Festival ini, lanjutnya, juga sekaligus menyikapi tantangan dari Menteri Pertanian (Kementan) kepada Kalteng, di mana Kementan siap memberikan dukungan rencana salah satu pengembangan pertanian jagung. Kementan memintan Kalteng menyiapkan lahan 200.000 hektare untuk tanam jagung.
"Di festival nanti jagung dibakar dan dimakan bersama masyarakat. Jumlah jagung ini akan memecahkan rekor yang selama ini berjumlah 60.000 jagung, dan kita akan memecahkan rekor itu menurut catatan MURI," pungkasnya.
Sementara itu, rapat terbatas ini digelar dalam rangka mengecek kesiapan Kabupaten/Kota dan SKPD untuk melaksanakan rangkaian kegiatan puncak HUT ke-62 Provinsi Kalteng 2019, yang dijadwalkan dari 16 hingga 23 Juni.[deni/adv]
loading...
TAG