Melalui Retribusi Pajak Motor, Legislator Ini Dorong Eksekutif Maksimalkan PAD

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sekretasis Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Zahidi mendorong Pemkab untuk mengoptimalkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi pengurusan pengujian kendaraan bermotor atau yang dikenal dengan KIR.
"Persoalan uji KIR Itu yang diinginkan, yang diwajibkan kementerian bahkan menurut undang-undang tidak boleh lagi manual, harus menghunakan sistem digital elektonik," ucap Zahidi, Senin (10/9/2019).
Menurut Zahidi, dari uji KIR tersebut ada hasil retribusi pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang dapat meningkatkan PAD dari sektor retribusi.
Beberapa waktu lalu, lanjut poltisi PAN ini, pihaknya dari komisi III DPRD Kapuas saat melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan di Jakarta telah berkonsultasi terkait uji KIR tersebut.
"Uji KIR pada kendaraan, menyangkut masalah keselamatan, hal ini dilakukan agar kendaraan dipastikan aman dan layak jalan," imbuh Zahidi.
Untuk itu, pihaknya mendorong Pemkab Kapuas melalui instansi terkait melakukan penerapan uji KIR terhadap kendaraan tersebut. Ini guna memaksimalkan potensi retribusi untuk mendongkrang PAD.[zulkifli]
loading...
TAG