Libur Lebaran, Petugas Kebersihan Ini Harus Rela Bertugas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sejak subuh mereka sudah harus bergelut dengan aroma sampah ketika sebagian besar masyarakat mengenakan baju baru dan wangi saat pergi bersilaturahmi.
Para pasukan 'oranye' tetap setia menjaga agar jalan-jalan di kota tetap bersih, ketika masyarakat menikmati libur lebaran kali ini yang jatuh pada Rabu, (5/6/2019). Mereka, para petugas itu tetap semangat bekerja, demi kebersihan.
Meski jam kerja dikurangi agar momen lebaran masih bisa dirasakan dan tak terlewatkan.
Antara perjuangan dan keharusan menjalankan tanggung jawab. Hal itu dilakukan demi menjaga kebersihan wilayah Kapuas.
"Para petugas kebersihan ini, diantaranya penyapu jalan, petugas depo transit,  petugas pengangkut sampah hingga petugas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tak ketinggalan petugas PJU dan taman," kata Ahmad Isnaeni, Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan, beberapa waktu lalu.
Dari pantauan rutinitas para petugas kebersihan kota itu seakan menjadi denyut kehidupan. Tak mengeluh dan tak juga minta diperhatikan. Hanya saja perlu dukungan warga dalam hal sama-sama menjaga kebersihan.

Misal, para penyapu jalanan yang bekerja sejak subuh hingga jelang pagi. Melaksanakan tugasnya di jalanan berpacu waktu fajar datang.
Tugas selesai, jalanan bersih, masyarakat pun mulai beraktivitas melintasi jalan-jalan.
Kiranya banyak yang tak tahu betapa pentingnya keberadaan petugas kebersihan ini dalam menjaga "wajah" kota/kabupaten.
"Ya, para petugas kebersihan ini punya peran penting. Khususnya dalam hal menjaga kebersihan wilayah kita. Para petugas kebersihan ini, kerjanya mulai subuh, lalu siang dan juga malam. Saat hari lebaran pun masih tetap bekerja," imbuh Isnaeni.
Misal penyapu jalan tetap bekerja pada saat subuh, petugas satgas tetap bekerja setelah Salat Idul Fitri, dan pengakut sampah bekerja pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB.
Sebelumnya Isnaeni menuturkan jumlah petugas kebersihan yang mereka miliki secara keseluruhan hingga lebih 300 orang.[zulkifli]
loading...
TAG