Karang Taruna Desa Babai Gelar Festival Bagarakan Sahur

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Di pengujung bulan suci Ramadan 1440 H ini Karang Taruna Maju Berkarya, Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel)  menggelar Festival Bagarakan Sahur, Minggu (2/6/2019) malam.
Sebanyak 11 peserta yang mendaftar pada kegiatan ini hanya 10 peserta yang mengikuti tak terkecuali dari anggota Ikatan Mahasiswa Barsel dan alumni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Darul Huda ikut memeriahkan festival tersebut dengan start di halaman SDN-1 Babai dan dibagi dalam dua rute.
Ketua Karang Taruna Maju Berkarya, Elmi SPd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan tradisi zaman dulu, karena pada zaman sekarang pihaknya menilai anak muda menyambut Ramadan dengan cara yang kurang tepat.
"Kegiatan yang pertama dilaksanakan tahun ini. Alhamdulillah animo masyarakat sangat baik dengan kegiatan yang kami gagas ini," ucapnya kepada kabarkalteng.com.
Lanjut Elmy, kegiatan ini juga merupakan wahana untuk menjaga ciri khas budaya daerah sekaligus untuk memberikan motivasi bagi semua dalam meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadan.
"Melalui kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahmi dengan masyarakat serta generasi muda di Desa Babai," paparnya.
Lebih lanjut, kali ini peserta diwajibkan membunyikan alat musik sederhana dari berbagai barang di sekitar, seperti kaleng biskuit, botol kaca, panci, ember hingga menghasilkan musik yang unik.
Ia juga menambahkan, untuk pengunguman pemenang dari festival ini akan dilaksanakan pada malam hari raya Idul Fitri nanti.
"Semoga acara ini berkelanjutan dan diaplikasikan pada masyarakat babai serta bisa diadakan setiap tahun nantinya," tandasnya.[kenedy]
loading...
TAG