Dishub Kapuas Minta Penundaan Buka Tutup Satu Lajur Jembatan Pulau Telo

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemberangkatan dan pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kuala Kapuas dijadwalkan pada 6 Juli 2019. Sementara rencana perbaikan lantai jembatan Pulau Telo di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mulai dilakukan 6 Juli 2019, dan ini sudah tersosialisasi.
Melalui papan pengumuman yang terpasang di wilayah Kecamatan Kapuas Timur, dinformasikan adanya buka tutup 1 lajur pada Juli sampai Oktober 2019. Hal itu sehubungan adanya perbaikan lantai jembatan.
Kepala Dinas Perhubungan Kapuas melalui Kasi Angkutan, Untung Harianto mengharapkan penundaan waktu pelaksanaanya. Ini dimaksudkan pada saat jemaah calon haji asal Kapuas melintas di jembatan itu menuju Palangka Raya tidak mengalami keterlambatan waktu.
"Dengan kondisi seperti itu, jadi diharapkan adanya koordinasi untuk  penundaan pembongkaran setelah calon jamaah haji Kapuas berangkat," kata Untung, Selasa (11/6/2019).
Sebab, lanjutnya, hanya selang sehari,  maka bisa diberikan kesempatan terlebih dahulu dilintasi oleh calon jamaah calon haji dari Kapuas menuju Palangka Raya pada 6 Juni 2019 nanti.
Sedangkan rencana pembongkaran oleh Dinas PU Kalteng pada 5 Juli, atau sehari sebelumnya.
Upaya sosialisasi akan dilakukannya pembongkaran dan perbaikan lantai jembatan Pulau Telo memang sudah dilakukan dan terjadwal. Namun diharapkan karena adanya jadwal keberangkatan jamaah calon haji diharapkan ada kerjasama yang baik.
Sementara, menurut Kabag Kemas Kesra Setda Kapuas, H Junaidi menjelaskan bahwa jadwal keberangkatan jamaah calon haji diatur sedemikian rupa secara nasional dan pada tingkat provinsi.
"Biasanya, setiap keberangkatan calon jamaah haji Kalteng, akan dikumpulkan di Palangka Raya selama dua hari sebelum keberangkatan," jelas H Junaidi.
Menurutnya, selama dua hari jemaah calon haji di Palangka Raya akan mendapatkan bimbingan manasik haji dan pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan.
"Berkaitan dengan itu kita segera melakukan koordinasi dan konsultasi  kepada pihak Pemprov," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG