Dinkes Kapuas Lakukan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Bahaya Rokok

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas bekerjasama dengan Dinkes Kalimantan Tengah menggelar pengawasan pembinaan Kawasan Tanpa Rokok atau  KTR di lingkungan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes).
Kegiatan ini dilaksanakan pada para pengunjung, pasien dan karyawan- karyawati yang bertugas di lingkungan fasilitas layanan kesehatan seperti di rumah sakit Kapuas, Puskesmas Melati, dan Puskesmas Selat, Selasa (18/6/2016) kemarin.
Kepala Dinkes Kapuas, Apendi melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit, dr Tri Setya Utami mengatakan, pada kegiatan itu juga dilakukan penyuluhan.
"Juga diberikan penyuluhan kesehatan tentang bahaya rokok, serta dilaksanakan pemeriksaan kadar CO pada karyawan,  pengunjung, dan pasien dengan menggunakan alat smokerlyzer," ucap dr Tri, Jumat (21/6/2019).
Menurutnya, dengan adanya perhatian dari pihak terkait, diharapkan seluruh fasyankes dapat menerapkan aturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) terkait hak dan kewajiban pasien dan pengunjung untuk mendapatkan udara yang bersih dan bebas dari asap rokok.
"Kawasan Tanpa Rokok atau KTR yakni kawasan di mana di situ tidak boleh ada orang merokok, tidak ada  iklan rokok, serta tidak ada jual beli rokok," jelas dr Tri.
Dilanjutkannya, KTR dimaksud di antaranya tempat belajar mengajar atau sekolah, Fasyenkes, tempat ibadah, di dalam angkutan umum, tempat anak bermain, kantor, fasilitas olahraga hingga fasilitas umum lainnya.[zulkifli]
loading...
TAG