Banjir Kotim Telan Satu Korban Jiwa

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Dalam beberapa hari terakhir, intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Akibatnya beberapa Kecamatan terendam banjir, bahkan hingga memakan satu korban jiwa.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Muhammad Yusuf ketika dibincangi kabarkalteng.com, Jumat (21/6/2019) menyampaikan, banjir di Kotim sudah merendam lima Kecamatan dan beberapa Desa.
"Banjir kali ini juga sudah memakan satu korban jiwa atas nama Ferdy usia 16 tahun yang terjadi di wilayah Kecamatan Parenggean pada hari Kamis (20/6/2019) kemarin sekitar pukul 15.20 WIB" terangnya.
"Korban terpeleset ke sungai dan tidak dapat menyelamatkan diri namun sudah ditemukan," timpalnya.
Sementara, lanjutnya, pihak BPBD Kotim sendiri pada saat banjir ini sudah melakukan pendataan dan kunjungan serta pemantauan ke daerah-daerah yang terdampak banjir dan mengusahakan serta menyalurkan bantuan dari pihak swasta terutama perkebunan melalui program CSR.
"Fungsi BPBD adalah mengkoordinir semua bantuan untuk di salurkan ke daerah banjir," katanya.
Selain menyalurkan kebutuhan pokok, pihaknya juga menggelar pengobatan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir.
Menurutnya, saat ini mestinya memasuki musim kemarau, namun terjadi anomali cuaca sehingga curah hujan cukup tinggi. Untuk memantau keadaan cuaca pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG setempat.
"Kepada warga yang terdampak banjir diharapkan agar menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas dan mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan aman apabila debit air sudah mulai tinggi," tutupnya.[tomi]
loading...
TAG