128 Peserta Ikuti Pelatihan BLK Kotim

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Pelatihan berbasis kompetensi tahap ll program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) resmi dibuka Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kotim, Derlin Sihite SH, Senin (24/6/2019).
Kegiatan bersumber dari APBN 2019 program kejuruan yang diikuti 128 peserta ini meliputi kejuruan las, otomotif, listrik, garmen apparel, tata kecantikan, processing, TIK dan elektronika.
Pada kesempatan ini, Derlin Sihite mengharapkan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan jangan hanya mengharapkan uang transport yang diberikan penyelenggara atau sekedar ikut-ikutan teman.
"Ilmu yang diperoleh selama pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha atau melamar pekerjaan," ujarnya.
Ia menambahkan dengan kegiatan program pelatihan ini maka akan dapat mengurangi jumlah pengangguran di wilayah Kotim dan dana yang telah dikeluarkan Pemerintah Pusat untuk kegiatan pelatihan ini tidak sia-sia.
Derlin mengharapkan ke depan agar  UPTD BLK Kotim juga membuka program kejuruan baru, seperti perkebunan karena di wilayah Kotim banyak perkebunan kelapa sawit. Dengan demikian, nantinya pihak perusahaan juga dapat merasakan manfaatnya karena mendapatkan tenaga kerja yang sudah memiliki keterampilan di bidang perkebunan.
Terpisah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD BLK Kotim, Salman Al Farisi Amd kepada kabarkalteng.com mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung berbeda pada setiap jurusannya.
"Untuk jurusan processing selama 20 hari, untuk jurusan tata kecantikan, garmen apparel dan otomotif 25 hari, jurusan TIK dan elektronika 30 hari dan terakhir jurusan listrik serta las selama 35 hari," tandasnya.[tomi]
loading...
TAG